Senin, 24 November 2008

sejarah emo



apakah emo itu ? menurut sejarah, kata - kata emo merupakan kependekan dari kata emosional

Emo, emo, emo dan emo. Adalah sebuah istilah yang sekarang ini sering sekali kita dengar baik lewat televisi, radio, percakapan sehari-hari serta digembar-gemborkan khususnya anak-anak muda. Apa sih emo itu? Malah ada juga yang berkata “emo- skinhead-punk”. Wah, terus apa pula hubungannya dengan Skinhead-punk? Apa Emo adalah bagian dari Skinhead-punk? Atau apalah!

Pertanyaan menarik yang muncul karena sebuah kerancuan serta ketidakpastian disekitar yang menjadikan “kabur” mengenai Emo itu sendiri adalah hal-hal yang ingin saya angkat, namun hanya berdasarkan tinjauan atribut yang dikenakan. Menurut saya, secara tidak langsung atribut dan benda dapat menjelaskan kronologis kejadian yang menyebabkan terjadinya suatu perubahan atau evolusi.

************************************************************************

Pada dasarnya, segala sesuatu di dunia ini pasti akan mengalami perubahan. Dan ini berlaku diberbagai aspek kehidupan. Hal ini wajar terjadi jika dihubungkan dengan manusia sebagai makhluk Tuhan yang diciptakan memiliki akal dan pikiran yang dinamis. Skinhead, Punk, dan kaum-kaum subkultur sejenis lainnya, pasti tidak akan terelakkan dari hal yang berhubungan dengan evolusi. Singkatnya, Emo adalah sebuah bentuk evolusi dari kaum skinhead-punk.

Emotion Hardcore biasanya disebut (istilah ngetrend) Emo, adalah sebuah gaya hidup, fashion dan budaya yang baru saat sekarang ini mulai nge-boom di seluruh masyarakat dunia termasuk Indonesia. Emotion berasal dari bahasa Inggris, berarti emosi atau perasaan seseorang yang ingin diekspresikan. Sedangkan Hardcore adalah sejenis aliran musik yang memiliki tipe raungan gitar elektrik clean dan hentakkan drum yang dimainkan keras.

Dilihat dari sejarah munculnya, Emo adalah cabang atau yang lebih tepatnya adalah bentuk perkembangan dan evolusi dari Skinhead dan Punk. Emo muncul pertama kali sekitar pertengahan tahun 1980 di Washington, dan pertama kali diperkenalkan oleh band beraliran punk-melodic, DC Scene. Seperti artinya (emotion), lagu yang diusung lebih banyak mengandung unsur-unsur emosi dan perasaan seperti cinta, kasih sayang, rasa marah, kesal, dan segala sesuatu yang berhubungan erat dengan asmara dan perasaan seseorang.

Sekitar tahun 1990, emo semakin berkembang. Dibuktikan dengan banyak bermunculan band-band baru seperti Rites of Spring, Embrace, One Last Wish, Beefeater, Gray Matter, Fire Party, Slightly later, dan Moss Icon. Pada tahun inilah emo mencapai puncak-puncaknya. Sering dengan waktu banyak pula terjadi pencabangan dalam aliran emo sendiri.

Menurut Billy Joe Amstrong, gitaris band beraliran punk melodic Green Day (secara tidak langsung ia sendiri juga yang mempelopori revitalisasi emo kembali muncul di publik), emo adalah sebuah gabungan antara punk dan gothic. Sebuah karya besar jika kedua mainstream (sikap independen yang dilakukan kelompok-kelompok anak muda tertentu, berhubungan dengan kultur pop kaum muda) ini dipadukan. Dan bukan hal yang mustahil jika keduanya digabungkan akan tercipta sesuatu yang fantastis. Kesamaan keduanya mampu berkolaborasi dan saling melengkapi. Dan sebagai cara untuk membedakan bahwa ini adalah sesuatu yang baru, perlu suatu adanya upaya penonjolan jati diri. Dengan atribut gabungan keduanyalah sebuah aliran dan lifestyle baru ini mampu diterima. Sebuah ideologi dapat diterima jika memiliki sesuatu sebagai identitasnya dan mampu menunjukkannya pada umum.

Namun, kaum skinhead-punk yang masih tetap memegang idiologi “asli” skinhead, berpendapat bahwa emo adalah bentuk kehancuran Skinhead-Punk. Dikatakan kehancuran karena idiologi anti kemapanan yang selalu diikrarkan oleh kaum Skinhead, sudah tidak bermakna lagi, kalah dan ditelan oleh bentuk kapitalisme dan mapan (Bowo(22) , mahasiswa Fak.Filsafat UGM, seorang Skinhead dan punker). Ditambahkan pula oleh rekannya, Empu (Christian), ia mengungkapkan kekecewaanya terhadap Emo (kaum Skinhead-Punk yang sudah dipengaruhi kapitalisme modern), Emo tidak pantas dianggap sebagai punk karena tidak mencirikan sebagai sesuatu yang anti dengan kemapanan. Ditegaskan lagi dengan segala jenis atribut yang mereka (Emo) yang lebih menonjolkan kemewahan, merk. Sudah jelas mereka bukan Skinhead-punk yang sebenarnya. Emo hanyalah sebuah bentuk kapitalisme musik, ideologi yang dikemas dan menyusup rapi ke dalam ideologi skinhead-punk yang selama ini sudah berakar kuat.

Lain halnya yang dikatakan Putri, mahasiswi Fak. Ilmu Budaya UGM jurusan Antropologi. Menurutnya emo merupakan suatu bentuk gaya hidup baru yang sangat cocok khususnya generasi muda. Ekspressionis, enerjik, modis, begitulah gambaran emo, tambahnya.

Atribut Emo

“Wah, dia rambutnya nggak Spike/Mohawk, nggak botak lagi, terus nggak pake’ spike di tangan atau di ikat pinggang, dilehernya nggak ada juga kalung rantai + gemboknya (dog collars), dan nggak2 yang laen lagi. Keliatannya lebih kalem, rapi. Kesimpulannya…wah!, dia ini bukan anak skinhead! Tapi….., punk? ……bukan, gothic juga bukan,.. lantas apa?” Sepenggal cerita yang ada di masyarakat.

Ironis memang hal itu berkembang di masyarakat, tetapi itulah fakta yang terjadi. Budaya atribut telah berkembang di masyarakat. Atribut adalah suatu penjelas seseorang berada di sebuah identitas diri tertentu yang secara fisik atau kasat mata merupakan pembeda/sama dengan lingkungan sekitarnya (itu sudah jelas) dan dengan atribut pula yang identik dengan kelas tertentu di masyarakat berkembang pemikiran tentang penyeragaman. Penyeragaman berarti pembakuan. Jika melihat atribut emo itu harus Emo-style, Peircing, Gaspers, Eye-shadow, pin, emblem, dsb, maka berarti hal itu telah dianggap baku dan adanya telah seperti itu.

Sama seperti kaum skinhead-punk yang sudah memiliki identitas dan atribut masing-masing Emo pun memiliki identitas dan atribut sebagai pembeda dari kaum-kaum yang lainnya. Secara sekilas memang memiliki kemiripan satu sama lain, hal itu wajar saja terjadi karena atribut yang digunakan oleh para penganut emo adalah bentuk perkembangan dari fashion kaum skinhead-punk. Terjadi perubahan dikarenakan dalam perkembangannya mendapat pengaruh-pengaruh budaya baru seiring berjalannya waktu, zaman dan kemajuan dalam bidang fashion pula.

Makna Atribut

Semua hasil material antara punk dan skinhead itu berdasarkan atas pemikiran-pemikiran yang telah didorong oleh nilai-nilai perlawanan atas hal-hal yang membosankan dan menindas (suatu rangkaian yang tidak dipisahkan). Skinhead memang terlahir dari pemikiran dengan nilai-nilai perlawanan atas suatu pemikiran mainstream, membosankan dan menindas (seperti kapitalisasi, penghisapan, pembodohan, dsb). Sedangkan punk lahir akibat pengaruh-pengaruh yang baru bukan hanya kapitalisme, gaya, tetapi juga dalam karya musik. Namun apa yang terjadi pada Emo? Emo tercipta karena kedua subkultur di atas (punk dan skinhead) telah dimasuki oleh paham-paham kapitalisme, fashionable, dan keinginan untuk bergaya. Sebuah kondisi yang sangat berlawanan pengan paham Skinhead-Punk yang notabennya sebagai nenek moyang Emo.

Pada dasarnya sama, Emo menggunakan topi, celana jeans, kalung, gelang, gasper, mempunyai tindik, bertato, memakai peircing sebagai atributnya. Tetapi sudah tidak memiliki makna ideologi. Semua atribut yang dipasang dan dipergunakan hanya sebatas pelengkap. Tidak seperti Skinhead-Punk, menurut mereka kalung rantai, gelang rantai, anting peniti, Peircing memiliki makna sebagai bentuk perlawanan terhadap sesuatu (kapitalisme, pemerintahan). Tetapi sedangkan Emo tidak memiliki makna apapun, yang terjadi hanya pemaknaan bahwa Emo(seluruh atributnya) adalah bentuk ekspresi dari anak-anak muda pada umumnya (keren, modis, gaul, bermerk) yang juga jelas bertentangan dengan Skinhead-Punk. Sejauh ini memang belum ditemukan dan didapat mengenai makna yang signifikan dalam setiap atribut yang mereka (kaum Emo) kenakan.

Perbandingan Atribut dan Aksesoris antrara Skinhead dan Emo

No.
Atribut
Skinhead
Emo

1.
Tindik
Anting ( biasanya dipakai hanya pada telinga saja)
Anting, Peircing ( digunakan pada teling, bandul telinga, hidung, pelipis, alis, lidah bibir. Malah ada yang digunakan disemua bagian itu)

2.
Sepatu
Boot keras, Loafers, Steel toe cap.
Converse (sepatu kets produksi USA), Vans.

3.
Baju
Polo, kaos berkerah, kemeja berkerah, jaket kulit. Skinhead lebih berpenampilan rapi dan bersih.
Kaos Distro, Blazer, Kemeja.

4.
Celana
Levi’s, jeans gombrong, sta prest (ketat).
Jeans staprest, Hipster.

5.
Drugs dan Alkohol
Menolak (hanya sedikit yang menerima, menolak lebih mendominasi).
Merekok, Alkoholik, Drgus tidak dipakai sama sekali.

6.
Kendaraan
Motor tua, Skuter vespa, Moge (motor gede/motor besar).
Tidak memiliki Kendaraan yang spesifik.

7.
Rambut
Plontos, cepak
Rambut Emo.

8.
Perhiasan
Rantai anjing, gelang spike, emblem
Kalung, gelang, Jam tangan, Hand-Band, Cincin.

9.
Pewarna Rambut
Tidak memakai
Memakai (biasanya berwarna merah)

10.
Make-Up wajah
Tidak memakai
Memakai seperti eye-Shadow/eye-liner, Lip-gloss.

11.
Topi
Pork-pie, bolero
Topi Emo

12.
Tatoo
Tidak memakai
Memakai tetapi minimalis

KESIMPULAN

Atribut merupaan penanda dari suatu komunitas atau kebudayaan. Ini merupakan ciri khas yang menjadi suatu keharusan yang tidak tertulis dalam lingkup kehidupan. Penggunaan atribut pada kebudayaan atau komunitas tertentu menjadikannya suatu simbol yang menggambarkan identitas kehidupan mereka. Dari atribut pula sebuah pemaknaan dapat dilihat dan dideskripsikan.

Emo adalah sebuah bentuk merosotnya suatu makna ideologi dari suatu kaum subkultur (Skinhead-Punk) yang selama ini telah memiliki ideologi anti kemapanan sebagai bentuk perlawanan terhadap kemewahan, hukum-hukum yang selalu menindas kaum kecil. Emo sengaja diciptakan sebagai salah satu “senjata” untuk memerangi dan mengalahkan ideologi Skinhead-Punk Segala jenis atribut yang mereka (Emo) kenakan yang lebih menonjolkan kemewahan, merk. Sudah jelas mereka bukan Skinhead-punk yang sebenarnya. Emo hanyalah sebuah bentuk kapitalisme musik, dan ideologi pro-kemapanan yang dikemas dan menyusup rapi ke dalam ideologi skinhead-punk yang selama ini sudah berakar kuat dalam benak para pengikutnya.



59 komentar:

child_777 bucek mengatakan...

sAiia hAnya bisA mEngucApkan seribu maksai atAs s'Mua yAng tLah di critAKan di web sjarah emo ..
.mEnurt saiia nHAg" emo.punk,sken heart ..
.kEbanyakn itu hAnya styLis ajja ..
.hAnya menUrUti ,bAik berPakian ,pergauLAn ,dsb.
.tPii aPa yAng ada dLAm jiwa nxa[?]
.aPa yAng ada muLut nxa [?]
.hAnya omOnk kosOnk.taI.cuuiihhh
.thankz ..

Shandy_11 mengatakan...

maaf EMO tu sbenernya kepanjangan dari EMOTIVE HARDCORE, berasal dari washington DC us pada alwal 1985, pindiri emo adalah ian mckye n guy pciottom menggabungan 2 unsur yaitu hardcore dan indie punk,
jadi bukan emotional, slah besar emo kpanjangan dari itu,

randa_mcr mengatakan...

" mnrutq EMO emank lahir dr Punk,,, Cm Emo Lbh Lmbut,,,yg Hny Menyampaikan perkataan Hati,,,ckit,luka yg mndlam... g hnya style doank,,, tp lbh mnjiwai,, n g spt Gaya pke gelang,,or attribut laen'na,,,so,, penjiwaan.....Lbh Utama,,,N solidaritas,,,

SuiX_PuNK_Moe mengatakan...

tQ UdH MenCEriTKn sMuNa,,,,,,,,, Bg wa PUnk AkN sLALu DA.........,,,,,,,,, g"" Kan haNCUr,,,I loVe YOu PUnK ,,,, SaLM KOmpAnK BWt pUnKErZ,,,,, CAyO PUNk

bro_bandung mengatakan...

mawa apapun asla dari emo, yang penditng seee sebagai genearasi muda harus bisa meneruskan cita-cita bangsa ini, ngapain dipermasalahkan, kayak g ada kerjaaan, pikirkan nasib bangsa kedepan

fershink mengatakan...

eitz...
mank bnyak eang slah artikan tentang emo,tpy dblik itu mereka juga ska..
..mank dlu emo gag ada tapi skarang udah jaman nya emo,
love emo 4evr...

LiNZ oNEz mengatakan...

aq cuman isa BiLAng MBAMBUNGAN !!!!!
Sorri Lho Sblmnya....
Sejarah eMo ap'an?????? tu smw Cuman Kata Pembelaan aj Bwt EMO . . .

FUCK4emo

scremo mengatakan...

my soul is EMO......

arhe mengatakan...

tersrahhh kaliiiiiiaan lah
akuu gakk mauuu ikut_ikutan
yang akuu tau emo adalah emo
hahaha
yeaaa kan sobat ku semua

dhea mengatakan...

setau guw emo slalu ngecat rambut.a dgn warna item,,klo gg coret"an,,itu menggambarkan hati.a yg penuh kegelapan n kmarahannya .
emo yg rambutnya merah emo abal"al x ..

Cristofel mengatakan...

baru tau gua apa iu emo, thanks buar informasinya, ditunggu kunjungan baliknya..

febry ekayansha mengatakan...

gokil sejarah'a.,

thanks bwt info'a.,

Yudie_Poenya mengatakan...

Panjang lebar nyebutin emo,emo,emo tapi gak signifikan artinya .
cman dipandang dr jenis musik !

Okay!
kali ini gw yg kasih Penerangan !
EMO=EMOTIONAL OVERLOAD
emo mmg identik dgn jeritan hati . !

Kalu lu Maw lbih rinci lu baca nih buku EMO THE FENOMENAL ONE !

Icha screamo mengatakan...

Emo = Emotional Myself Overload

lbh mengarah ke kmewahan ., bkn brrti smbong ? Kalem lembud soal cnta

pecahan dri skinhead punk jga ., tpi beda dri skinhead punk ., emo dcmpur dari punk+gothic ., sbnrny. Yg lbh mirip itt gothic bkn punk .,

skinhead punk mengarah kksederhaaan ., blm ckup tao ttg emo tpi lumayan ngarti . Hahai

Novyxz scremo draculla'k mengatakan...

iah saya aku.i aku emg suka emo dr.style maupun musik.na. .. tapi d.cni aku gk.mw membela cp2. ..aku cman mau psen buat gnerasi muda jgn . .. sia2in hdup.ni dgnhal2. . . negativ. . hdup.ini cman satu kali.. buat,hdup.kalian b.harga sekali.stlh itu mati. . .N TERSENYUMLAH SAMPAI MAMPUS

mod_hotzz mengatakan...

oww, jadi gitu ya.. .
anaknya ngga jahat or nakal kan!?

fuad agil rosadi mengatakan...

ya.. trims ya info nya.. gw sangat suka berita yg kayak beginian.. thanks yaa..

AL Emo mengatakan...

emo adalah bentuk gaya hidup yang baru yang lebih lembut dan lebih kelihatan kalem.
emo jga lebih mengerti tentang perasaan yang di rasakan orang tentang sesuatu yang menyangkut perasaan...
Thank's.... Emo Is My Life

AL Emo mengatakan...

emo adalah bentuk gaya hidup yang baru yang lebih lembut dan lebih kelihatan kalem.
emo jga lebih mengerti tentang perasaan yang di rasakan orang tentang sesuatu yang menyangkut perasaan...
Thank's.... Emo Is My Life

emo lonely mengatakan...

top.................

emo lonely mengatakan...

top

SamAnTha mengatakan...

uhm , yang bener yang mana ih ? emotive apa emotional ? karena , aku dengar2 itu kebanyakan emotional . because .. idk ! a lot of people said EMOTIONAL . so , apa arti dari EMOTIONAL + EMOTIVE ? anyone can Xplain that to mehh ? :/
i think .. scene are better than EMO . lol

pick c'bocahterbungkam mengatakan...

g pnting sma s'kali...
punk cma org yg msih purba zha,
mmbnci sgl sswtu yg brbda dgn mrk !!!
punk emg anti kmpanan krn mrk emg idntik dgn gembel kan !!!

vis akh

anthon n thya mengatakan...

screamo merupakn jeritan suasana hati yang di bikin dalam bntuk lagu.. expresi jiwa sseorg

BAHTIAR CIUHI mengatakan...

bagus jelas tapi terlalu banyak ,coba yg singkat dan yg jelas,pasti orang yg baca tidaq bosan.

BAHTIAR CIUHI mengatakan...

bagus sih ,tapi terlalu banyak coba singkat dan jelas pasti orang akan tidak malas bacanya.a

ibnu sakura mengatakan...

siiip lah, cukup jelas dimengerti...

ibnu sakura mengatakan...

sip lah cukup dimengerti dan dipahami.....

ibnu sakura mengatakan...

sip lah .... mudah dimengerti dan dipahami...

ishak_goes_akha mengatakan...

mnrutku sch emo it musik bertemakan nostalgia,sbuah pengakuan dosa, kepahitan yang romantis, dan putus asa yang puitis ,gitar yang melodius, ritme yang bervariasi, dan lirik yang sangat penuh luapan emosi pribadi.

bner it kt shandy_11 cm org poser aj yg ngrtikn emo it sbts emosiaonl.dn mnrutku kbnyakn ank yg biasa dlht ckep ckep atau cntik cntik dimall yg biasany dsbut org org it sbgai emo it g bner ,cb byngin gmn mungkn org yg dr tmpng bs dktn diats rt rt trus kya lg bs mrskn skit ht yg mndlm ,bukn kh mnrut org sprti it cnt cm mainn jdnya g msuk akl bnget klau mreka it ank emo .mlh mnrutku ank emo it mlh dr kaum yg bs dktkn dr sgi tmpng it dbwh rt rt dn dr klngn mnngh atau bwh .jd emo sm aksesors ptongn rmbut atau appn it g ad sngkut pautny cb aj lht atau share ke band band emo yg dh gde dn emg lguny pnuh dgn liapn prsaan pst kmu bkl lht klau prsonilny it kbnyakn ank ank yg dr sgi pnnmpiln g sperfect dn g sllu sm potngn rmbutny kyak yg ad dgmbr google.cntohny melodis ny mCr atau gitrisny silverstein ETC.dn mnrutku emo it bukn ssuatu yg bkl ad trus dlm jwa org krn mnrutku emo it adlh msa dkla sseorg dlm konflik internl .cntohny mcr lgu nya skrg ap msh mnnjukkn ke emo an ny kyak lguny na na na .krn ke emo an it bkl hilng klau sseorg it bhgia.ktka dtnya hubngnny sm punk ,y mnrutku ad hnya sj perbedaan klau emo it trlnda konflik internal dn punk it eksternal.

ishak_goes_akha mengatakan...

mnrutku sch emo it musik bertemakan nostalgia,sbuah pengakuan dosa, kepahitan yang romantis, dan putus asa yang puitis ,gitar yang melodius, ritme yang bervariasi, dan lirik yang sangat penuh luapan emosi pribadi.

bner it kt shandy_11 cm org poser aj yg ngrtikn emo it sbts emosiaonl.dn mnrutku kbnyakn ank yg biasa dlht ckep ckep atau cntik cntik dimall yg biasany dsbut org org it sbgai emo it g bner ,cb byngin gmn mungkn org yg dr tmpng bs dktn diats rt rt trus kya lg bs mrskn skit ht yg mndlm ,bukn kh mnrut org sprti it cnt cm mainn jdnya g msuk akl bnget klau mreka it ank emo .mlh mnrutku ank emo it mlh dr kaum yg bs dktkn dr sgi tmpng it dbwh rt rt dn dr klngn mnngh atau bwh .jd emo sm aksesors ptongn rmbut atau appn it g ad sngkut pautny cb aj lht atau share ke band band emo yg dh gde dn emg lguny pnuh dgn liapn prsaan pst kmu bkl lht klau prsonilny it kbnyakn ank ank yg dr sgi pnnmpiln g sperfect dn g sllu sm potngn rmbutny kyak yg ad dgmbr google.cntohny melodis ny mCr atau gitrisny silverstein ETC.dn mnrutku emo it bukn ssuatu yg bkl ad trus dlm jwa org krn mnrutku emo it adlh msa dkla sseorg dlm konflik internl .cntohny mcr lgu nya skrg ap msh mnnjukkn ke emo an ny kyak lguny na na na .krn ke emo an it bkl hilng klau sseorg it bhgia.ktka dtnya hubngnny sm punk ,y mnrutku ad hnya sj perbedaan klau emo it trlnda konflik internal dn punk it eksternal.

dn untk bbrapa org yg brkta klau mrka emo ,apkh kmu pernh mnngis/mrh/emosi dsaat kmu mndgrkn lgu emo it atau kmu emg pnya penglmn yg phit tentng ssuatu konflik internl atukh kmu pnya suatu alsn atau ltr belkng yg bs mmbuatmu mnjdi emo atau kmu hnya ikt iktn sj ?

dn bg yg brkta emo in my life ,apkh kmu ingn brsdih puts asa atau kh pth hti seumr hidupmu ?

___________________________________
kmi hnya skumpln dr org org yg tk snggup mnhn bnjir air mt dhti kmi.
kmi hnya ingn snggup trsnyum sprti klian.
kmi hnya ingn mngrti art sbuah snyumn yg tlh drenggut olh iblis dn ak lpa bgmn cranya ak tersnyum.
smua org hnya bs brkta bhw it kmi dn apkh mrka pernh hdup dlm sbuah kish dmn kmi sbgai pmain trgdi.
dkla pr dwa tlh iri akn tngn kmi.
dn pr iblis brsork akn khncurn kmi.
kmi hnya snngup brkta bhw seandainy klian bs mlht jwa kmi mk klian hnya akn mnemui kglpn.
y kgelpn tlh mnyita sinrku.
kni tngglkn kmi sndri dgn pr iblis dssi kmi .


(emo puisi)

___________________________________

sherly-sherlod bellattungk mengatakan...

BIASA AJA.....

agy_93pukzi mengatakan...

siiippp lhh emo...!!!!

Unknown mengatakan...

emo ea???gua kurang tau apa itu sbenarnya kt emo,apa brasal dri kt emotion apa emotive?yg penting skarang enjoy...
dri pd anak punk?up itu punk?up itu anti kmapanan?yg ad cuma smua aliran ingin exis dn di knal di lingkungan masyarakat...
Dri pd ribet2 mending netral!!!smua aliran masuk atau smua gk di pake...

azka eMo bOys mengatakan...

punk itu dah tua,
dah gk jaman,
skrg jmanxa emo,
.biasa yg suka punk i2 dah kolot gk ngerti jaman ea. . .
.i emo lovers,
emo is my style.

azka eMo bOys mengatakan...

menurut aku, emo lbih identik dgn gothic d banding punk,
tapi jaman skarang punk dah gak diminati bxak org, trutma kaum remaja,
skrg kaum remaja lbih cnderung ke emo, trmasuk saya..
.karna emo identik dgn perasaan org, cocok dgn kaum remaja dan perasaan mreka trhdp psgnx,

i emo lovers,
.emo my style n' my life,
sangat banyak dan mungkin brbeda beda pengertian tentang emo,
.thanks ajs sejarahx.

Qwerty mengatakan...

ishak_goes_akha =>>> gue suka coment loe.. sip sip.. betul itu... tp tetep hidup gw penuh dgn emosional, emo ada pda diriku semenjak di lahirkan

budi aja ahhh mengatakan...

join ua,,,nad being fun with it

Sawenk mengatakan...

rocker mannnnnnnnnnn , metaaaaaaallllllllllllllllll :D :D

Unknown mengatakan...

udahlah semua musik untuk aspirasi bwt upha sling ngeledek!! semu a yg ada dmuka bumi psti ada kblkanya!!! klo ga gtu g seru!!! lgian yg ngaku emo atau punk blum tau pasti apa arti kduanya kbnykan cma ikut”n!!!!


PUNK NOT DEAD!!!!!!

WaktutTerusBerjalan mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
WaktutTerusBerjalan mengatakan...

kyknya emotive sama emotion artinya hampir sama deh.
coba aj di translate di google.
sori kalo salah. heheheh

PESINX NOT DEAD mengatakan...

Buat kalian yang anti punk lah atau anti skinhead lah tai lah apa lah. . .hargailah antar komunitas . . Dan yang pasti jngn nghina jika tak mau di hina . . . . fuck off aj dah buat kalian yang sok2n anti ini anti itu benci ini benci itu. .

#JIKA TAK TAU YANG SEBENERNYA MENDINGAN DIEM AJA. . jangan kau koar2kan suaramu yang menjijikan hanya untuk menghina orang

Yudhi Putra mengatakan...

emo musik jablay

METAL RELIGIUS mengatakan...

oEMO:kumpulan anak cengeng yang sok sangar,jadi mereka senang disebut emo padahal kata emo adalah ejekan yang di teriakan penonton saat salah satu band yang menyanyikan lagunya sedang manngung,karena penonton menganggap lagunya terlalu cengeng.
emo bukan skinhead punk,emo itu sampah.............

METAL RELIGIUS mengatakan...

emo bajakan lebih gak jelas daripada emo yang aslinya,hahahahahahahahahaha
cengeng kok bangga
cuma nampilin style aja
padahal stylenya juga jiplak gothic
apa kalian mau bilang emo cucunya gothic hahahahahahahahaha

jujur bro aku gak bisa lihat sisi positif dari EMO
mending Punk atau metal,walau gak sedikit punker dan metalhead yang gak jelas juga

"kata-kata adalah pedang,diasah dengan nurani,dipertajam dengan pemikiran dan di tebaskan oleh mereka yang berani."
XstraightXedgeX
hardcore punk

gak cukup jika hanya ngikutin emosi tapi otak juga harus dipakai

ROCKman Jagal mengatakan...

Benar" merusak kaum kami...

ROCKman Jagal mengatakan...

Hidup skinhead-Punk

valia nova mengatakan...

tapi kenapa emo dengan punk kebanyakan itu bermusuhan??

Adhex suyanti mengatakan...

That good styLe , i have this styLe...

KaaRDz mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
KaaRDz mengatakan...

ya gak usah anarkis geh..
Btw, emo lovers itu kumpulan anak alay ya ?? waduuh, yek :p

Fertha Dest mengatakan...

Emo ya emo tau,a alay sih,,,,,narsis ,najis,,,,apapun aliran,a positif ajhe

Dian Turui mengatakan...

Emo, ngk brthan smpe lma? Krna klo lo tua pasti lo ngk bkl gya emo lgi.. xD
Mlu bro sma ank/cucuny nti xD

Ilham Alimuddin mengatakan...

Klo lu bkn emo tp ALAY !

Ahmad Fauzi mengatakan...

jasa buat blog profesional kalau smo itu apa?

Maz Kiwil mengatakan...

Taex

Surya Tri Prasongko mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Surya Tri Prasongko mengatakan...

nice post gan...
semua musik gua denger gan, termasuk musik dari scene EMO...
ya yang penting saling menghargai perbedaan lah,toh hidup di Indonesia, bhineka tunggal ika, bukan di Amerika...
kalo boleh tau, sumber ente dari mana gan?
thanks gan...